tukang taman vertikal garden

Tukang Taman Vertikal Garden

Anda sedang mencari Jasa Tukang Taman Vertikal Garden?, Jika Ya berarti Anda sudah benar membuka website Tukangtamanku.com. Vertical Garden adalah salah satu konsep atau desain landscape modern, Model landscape yang di Indonesia disebut juga Taman Vertikal.

tukang taman vertikal garden

Vertical Garden atau Tukang Taman Vertikal banyak dijumpai di daerah perkotaan dengan jumlah lahan untuk menanam tanaman hijau sangat terbatas. Mengingat kebutuhan makhluk hidup terdapat tanaman hijau sangat penting, maka muncullah inovasi teknologi Vertical Garden.

Sebelum Vertical Garden dikenal di Indonesia Taman Vertikal telah dikenal lebih dahulu di negara-negara dengan kondisi lahan terbatas seperti jepang. Bahkan pemerintah Singapura memberikan inisiatif bagi mereka yang menerapkan teknologi Vertical Garden.

Perawatan Taman Vertikal Sangat Mudah

Vertical garden juga memiliki keindahan tersendiri yang tidak dimiliki oleh taman horizontal. Vertical garden juga bisa diletakkan dan dibangun di mana saja, baik itu indoor ataupun outdoor. Tanaman yang digunakan biasanya adalah tanaman yang mudah ditemui, tanaman yang umum dan mudah dikembangkan.

Vertical Garden merupakan taman yang dibangun pada bidang yang berdiri tegak lurus dengan tanah. Hal inilah yang membuat vertical garden sering juga disebut dengan model taman dinding. taman vertikal di Indonesia juga sering disebut dengan taman dinding, green wall, vertical landscape, living wall, dan lain sebagainya.

Sistem Pemasangan Taman Vertikal

Bagaimana Keunggulan Taman Vertikal menurut Anda? kenapa tanaman tanpa media tanah bisa tumbuh secara Vertikal? Perinsip yang dipakai pada teknologi Vertical Garden tersebut adalah teknologi hidroponik, di mana tanaman dapat hidup meskipun tanpa menggunakan media tanah. Karena Vertical garden merupakan taman yang memiliki dua jenis sistem yaitu green facades dan living wall.

Living Wall : dinding yang diberi media tanam untuk tumbuh tanaman. Biasanya terdiri dari rangka (frame), panel tanaman, sistem irigasi atau penyiraman dan pemupukan, media tanam, dan tanaman itu sendiri.

MANFAAT TAMAN VERTICAL GARDEN

Taman vertikal juga merupakan solusi bagi kita yang mempunyai halaman dengan kualitas tanah yang buruk.

Taman vertikal yang ditanam di dalam ruangan, dapat menjadi pembatas ruangan sehingga menciptakan keindahan di dalam ruangan. Selain untuk memperindah ruangan, taman vertikal yang berada di dalam ruangan berfungsi sebagai penghasil udara yang baik. Taman vertikal memperbaiki kualitas udara baik di dalam rumah maupun di sekitar rumah.

Hal ini dapat meringankan kondisi tubuh kita, terutama bagi orang tua yang rentan terkena sakit punggung.

Taman vertikal lebih mudah dalam mengontrol penyebaran gulma, dan juga waktu yang kita gunakan untuk berkebun jadi jauh lebih singkat. Tanaman yang tumbuh ke atas akan lebih banyak menerima sinar matahari dan meningkatkan sirkulasi udara.

Taman vertikal bisa dibuat dari barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi, seperti botol bekas. Hal ini juga merupakan usaha untuk mendaur ulang barang yang sudah tidak terpakai.

BACA JUGA ; Tukang Taman Jakarta

CARA MEMBUAT TAMAN VERTIKAL

jasa tukang taman vertikal

Menurut kami sebagai Tukang Taman Vertikal Garden, membuat taman sebetulnya bisa dengan cara sederhana. Misalnya dengan menanam tanaman di dalam pot yang kemudian disusun dari atas ke bawah. Bisa juga dengan menggunakan pipa paralon PVC maupun bambu untuk menanam tanaman dan disusun dari atas ke bawah. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat taman vertikal;

1- Taman yang dipilih adalah tanaman yang ukuran dewasanya kecil.

2- Tanaman yang lambat pertumbuhannya.

3- Jenis tanaman menahun atau tahunan yang dapat terus tumbuh selama bertahun-tahun.

4- Tanaman beraneka warna agar dapat dibuat menjadi berbagai macam pola.

5- Sistem penyiraman otomatis dengan timer

BACA JUGA ; Tukang Taman Surabaya

Alat Perlengkapan Dan Komponen

Dalam menciptakan vertical garden tentunya kami sebagai tukang taman vertikal membutuhkan berbagai perlengkapan yang biasa kami pakai yaitu antara lain;

Alat Alat Perlengkapan

Mesin Bor

Palu

Gunting Plat

Sekrup

Baut

Pengikat

Komponen Untuk Dinding

-Tanaman

-Baja Ringan

-Geo Textile

-Glass Wall

-Sekam Bakar

-Cocopeat

-Pupuk Media

Komponen Untuk Penyiraman

-Profil tank

-Mesin Pompa

-Pipa Paralon

-Timer otomatis

-Adaptor

-Disk Filter

-Selang

-Octa

BACA JUGA SELENGKAPNYA; Tukang Taman Semarang

Langkah – Langkah Membuat Taman Vertikal

Taruh 2 lapis media tanam (velt sabut kelapa atau geotextile). Sobek lapisan paling depan untuk membentuk lubang tempat menanam. Beri jarak 12 cm ke samping dan ke bawah untuk setiap sobekan yang akan membentuk lubang tanam. Perlu waktu hingga tanaman tumbuh dan berkembang sampai menutupi seluruh media tanam.

Perlu bagi Anda untuk memilih tanaman untuk taman vertikal garden yang berimbang antara akar dan tajuk. Akar akan cukup kuat menopang daun jika tajuknya lebih kecil dan dapat mencegah daun menjadi layu. Ini merupakan konsep dasar keseimbangan tanaman yang harus diketahui oleh Anda yang akan membuat vertical garden. Kemudian, tanam tanaman yang sudah Anda pilih ke lubang yang telah dibuat. Caranya bisa menggunakan gulungan rockwool atau bisa juga langsung tanpa ada tambahan apa-apa, asal tanaman sudah punya akar yang bagus.

Pengairan gunakan sistem drip irigasi atau pun manual disiram dengan tangan. Sistem drip irigasi tentunya lebih nyaman dan tidak menyita waktu. Penyeleksian wajib dilakukan untuk setiap desain dan tanaman vertical garden berdasarkan pada kondisi spesifik dari project yang akan Kami sebagai tukang taman vertikal garden lakukan.

BIAYA PEMBUATAN TAMAN VERTIKAL

Untuk menghemat biaya, Anda dapat membuat vertical garden sendiri di rumah. Semua tergantung pada kebutuhan, ingin membuat sendiri atau menyerahkan pada ahlinya tukang taman vertikal garden.

Menurut kami pribadi sebagai penyedia jasa tukang taman, Tinggi atau rendahnya biaya yang dibutuhkan juga tergantung pada pilihan tanaman dan media tanam yang Anda pilih.

Jadi yang membuatnya menjadi mahal adalah jasa yang berhubungan dengan tingkat risiko pemasangannya. Contohnya jika dipasang di area ketinggian seperti gedung bertingkat, tentu harganya akan menjadi mahal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *